Makrab PAC IPNU-IPPNU PLERET

Sabtu, (11/03) menjadi momen tak terlupakan bagi PAC IPNU-IPPNU PLERET khususnya para anggota baru yang belum lama mengikuti Masa Kesetiaan Anggota disingkat MAKESTA. Bagaimana tidak? Pada hari Sabtu tersebut, PAC IPNU-IPPNU Pleret telah berhasil menyelenggarakan sebuah kegiatan makrab atau malam keakraban yang diikuti oleh 53 anggota dan pengurus PAC IPNU-IPPNU Pleret. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengakrabkan, mendekatkan diri, menjalin silahturahmi dan kebersamaan sesama anggota dan pengurus PAC IPNU-IPPNU Pleret terutama bagi anggota baru angkatan 2017, yang mana angkatan ini diberi nama JERUK kepanjangan dari Jami'ah Remaja NU Kekinian. Kegiatan ini diadakan di PP. Al Mahali, Watu Ageng, Imogiri.

Sebelum berangkat, seluruh anggota berkumpul di Sekretariat PAC IPNU-IPPNU Pleret yang bertempat di Jejeran, pukul 14.00 WIB. Usai shalat ashar di Mushola As-Salafiyah Krajan yang letaknya dilantai satu bawah ruang Sekretariat, rombongan pun berangkat dengan mobil atau sering disebut _kol_ dan sebagian dengan mengendarai sepeda motor. Jalan yang dilaluipun cukup berliku karena lokasi PP Al-Mahali Watu  Ageng yang berada di kaki bukit maka perjalanan pun terasa semakin menyenangkan.

Rombongan sampai di lokasi kurang lebih pukul 16.30 WIB. Sebelum menempati gedung kosong, para anggota membersihkan ruangan-ruangan yang sekiranya akan di pakai. Setelah itu, dari kalangan kaum hawa meracik bumbu untuk sajian daging ayam yang akan dipanggang. Sementara kalangan kaum adam disibukkan dengan pembuatan tungku alami dari batu sebagai tempat perapian.

Selang beberapa waktu, adzan magrib pun mengalun lembut. Seluruh anggota dan pengurus menghentikan kegiatan dan segera menunaikan kewajiban. Malam keakraban atau makrab ini tidak hanya diisi dengan kesenangan duniawi semata. Para generasi muda NU ini pun tidak melupakan amaliyah Ahlus Sunah Wal Jama'ah an-Nahdliyyah yang merupakan wujud cinta kepada Allah dan Rasul-Nya. Usai shalat magrib, anggota IPNU-IPPNU membaca surat Al - Mulk dan Yaasin serta melantunkan asmaul husna bersama, lalu ditambah dengan ceramah singkat dari salah satu anggota IPNU. Adzanpun kembali menggema kemudian kewajiban kembali ditunaikan. Usai shalat isya', acara dilanjukan dengan Hadroh.

Ditengah suara tabuh grinjing, tikah, dan alat hadorh lainnya serta vokalis dalam rangkaian acara makrab PAC IPNU-IPPNU Pleret ini kedatangan tamu dari Rekan dan Rekanita PAC IPNU-IPPNU Imogiri. Setelah hadroh usai, acara selanjutnya ialah sharing-sharing santai. Rekan-rekanita dari PAC IPNU-IPPNU Imogiri berpamitan pulang. Sebelum sharing-sharing santai dilanjutkan, anggota dan pengurus PAC IPNU-IPPNU Pleret makan bersama dengan baris yang terpisah antara rekan-rekan IPNU dan rekanita-rekanita IPPNU. Semua menghabiskan nasi dan ayam bakar dengan nikmat karna makan bersama kali ini tidak dengan piring melainkan dengan alas kertas minyak yang disusun memanjang.

Sebelum acara sharing santai dimulai, antar anggota PAC Pleret sudah mempersiapkan hal untuk memberi kejutan berupa kritik dan pesan kepada beberapa rekan dan rekanita yang belum lama membilang usia baru. Diantaranya Rekan Anwar, Rekan Jhoni, Rekan Irfan, Rekan Maulana, Rekanita Halim dan Rekanita Febri. Wajah mereka begitu tegang ketika rencana itu dilakukan untuk melengkapi kesan berbeda dalam rangkaian acara tersebut. Hingga tiba waktunya, Rekanita Istiana, sebagai ketua IPPNU periode ini menyampaikan "Maaf kepada rekan dan rekanita semua. Maksud kita tidaklah untuk membuat suasana tidak nyaman. Apa yang sudah dilakukan ini bermaksud baik". Betapa riuhnya suasana ruangan itu karena diakhiri dengan reaksi wajah yang kaget serta gembira.

Malam semakin larut, acara selanjutnya adalah bakar-bakar jagung. Kegiatan ini membuat para anggota dan pengurus semakin merasakan kemistrinya. Sharing-sharing tidak hanya di dalam forum, tapi juga di alam bebas. Ada beberapa yang tidur setelah usai acara, ada beberapa pula yang rela tidak tidur demi menikmati malam keakraban tersebut.  Acara pun selesai. Meskipun berat hati mengakhiri acara tersebut, Rekan Sabtiyan mencetuskan ide untuk jalan - jalan pagi sebelum pulang. Hingga tibalah kendaraan _kol_ kurang lebih pada pukul 07.40 WIB dan akhirnya semua kembali sampai rumah masing-masing dengan selamat. Harapannya acara ini memberi kesan berbeda serta untuk mengingatkan para anggota dan pengurus untuk terus belajar, berjuang, bertaqwa. (Rekanita Wuriya-PAC IPPNU Pleret)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar