Pembinaan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP)










Sabtu, 18 Februari 2016 bertempat di Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menyelenggarakan pembinaan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP). Tema yang diangkat pada pembinaan adalah peningkatan peran pemuda dalam mengawal pembinaan pemuda di Kabupaten Bantul. Acara ini bekerja sama dengan DPD KNPI dan peserta pembinaan dari perwakilan-perwakilan OKP se-Kabupaten Bantul.
 
Diawali dengan acara pembukaan yang dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian sambutan sekaligus pembukaan oleh Sekretaris Disdikpora Bapak Drs. Daeng Daeda. Beliau menjelaskan tentang bidang-bidang yang ada di Disdikpora. “5 bidang di Disdikpora yaitu bidang pemuda dan olahraga, bidang Sekolah Dasar (SD), bidang Sekolah Menengah Pertama (SMP), Bidang Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD dan PNF), serta bidang Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PTK)”, papar beliau.

Materi pertama yang disampaikan dalam pembinaan OKP adalah tentang peran pemuda dalam pembangunan. Materi tersebut disampaikan oleh Kabid Pemuda dan Olahraga Bapak Sapto Priyono. “Potensi generasi muda itu ada tiga yaitu idealism dan kritis, dinamika serta pengambil keputusan”, tutur beliau. Dijelaskan pula dalam materi ini, Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan.

Materi kedua disampaikan oleh Kepada Dinas Disdikpora Bapak Drs. Totok Sudarto, M. Pd tentang kebijakan Pemerintah Kabupaten Bantul dalam pembinaan Generasi Muda. Beliau menjelaskan isu-isu dan tantangan yang dihadapi pemuda masa kini. ”Pemuda harus belajar terus agar cakrawala berkembang luas”, pesan beliau. Need assessment perlu dilakukan untuk mengatasi tantangan masa kini tersebut.

Materi ketiga tentang manajemen kepemimpinan OKP disampaikan oleh  Bapak Drs. Daeng Daeda. Beliau menampilkan beberapa video motivasi sehingga terlihat peserta lebih aktif untuk bertanya. “Impian itu membangun integritas atau dreamtigrity, gali terus kekuatan kalian mulai dari profesi, keterampilan, karakter, pengalaman, dan aktivitas”, beliau menyampaikan motivasi.
Materi terakhir disampaikan oleh Bapak Drs. Sudadi, MM tentang administrasi OKP. Beliau memberikan quis untuk menyelesaikan suatu teka-teki dalam gambar.

 
Bagaimana cara membuat 4 garis pada 9 titik di atas tanpa mengangkat pena?.
Silakan teman-teman mencoba yaaa.

Materi ini lebih menekankan pentingnya ketepatwaktuan dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban. “Disiplin mulai dari dari diri sendiri lalu ke organisasi”, tutur beliau. Diharapkan bagi OKP yang menerima dana hibah agar tepat waktu dalam pembuatan laporan pertanggungjawaban.

Salam Belajar, Berjuang, Bertaqwa (-Fepy Lh-)
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar